cara memilih helm yang berkualitas dan tepat terbaru

Helm di amabil dari bahasa Belanda yaitu yang memiliki arti perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan bahan dari helm tersebut dibuat dari plastik yang keras dan di dalamnya di tambahi bahan seperti kevlar, serat resin, atau busa.Helm ini bukan hanya untuk berkendara biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk tentara dan di gunakaan pertempuran (militer), dan tidak hanya itu  helm juga di gunakaan untuk olahraga, pertambangan, dan biasanya di gunakaan untuk berkendara.


Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.Dan sebelum meluncurkaan helm , helm juga harus di uji coba.Helm sangatlah penting pada bagian kepala karena kepala sangat penting dan kita harus di mejaga jaga .

tips memilih helm, cara memilih helm yang baik, cara memilih helm yang pas ,baik ,tepat memilih helm terberu,



Di beberapa negara, helm wajib dikenakaan bukan cuma pengendara sepeda motor, namun juga mewajibkannya bagi pengendara tak bermotor seperti sepeda dan ini aturaan di kota tokyo japan.
Mengapa mewajibkaan memakai helm ? semua itu karena banyaknya kejadian kecelakaan yang di alami oleh negara tersebut dan banyaknya orang-orang yang meninggal di jalan.


Sebagian besar dari korban banyaknya cedera kepala yang cukup ringan samapai gagrotak secara permanen.menakutkaan bukan ? maka dari itulah , Helm yang yang memnuhi standar keselamatanlah sangatlah penting sehingga dapat digunakan dengan bagus dan tepat dan dapat melindungi pengendara sepeda motor dari resiko yang paling kecil sampai gagrotak.


Mengingat helm merupakan perlengkapan keselamatan bagi pengedara sepeda motor, maka dalam memproduksi helm tersebut harus memenuhi ketetapan Helm Standart Nasional Indonesia yang tertuang dalam SNI. Di negara indonesia sudah di terapkaan yaitu yang di beri nama SNI (standar Nasional Indonesia)Standart tersebut harus terpenuhi pada semua aspek helm, mulai dari pengunaan bahan yang bermutu bagus , lalu bagimana cara produksinya sampai dengan cara pemeriksaan dan uji kualitas.

Banyaknya sekali helm yang beredar dipasaran, maka dari itulah kita  harus cermat dalam memilih helm tersebut.Dan di bawah ini adalah tips memilih helm yang Aman ,nyaman ,dan berkualitas  saat ingin membeli sebuah helm.

Tips Memilih Helm Aman dan Berkualitas:



  • 1. Helm Berbahaan dasar lembut 

Bahan dalam pembuataan helm yang baik adalah memakai bahan dasar yang sangat lembut nyaman dan jika di pakai aman terhadap kulit wajah .
sebab itulah , jangan sungkan mencoba saat ingin memakai helm kita bisa mencobanya memakainya di toko. Dan jangan melihat harga lihatlah kualitas helm tersebut.
dan jika Helm semakin mahal semakin bagus bahanya, pembuataannya dan pasti kualitasnya OK.


  • 2. Awas Logo SNI

kita banyak sekali melihat helm-helm berlogo SNI yang ada di pinggir helm dengan harga yang cukup murah. Perlu Anda ketahui bahwa logo-logo SNI tersebut sudah banyak dipalsukan oleh oknum oknum yang tidak bertangung jawab.
Jadi jangan terkecoh dengan logo palsu tersebut. Helm yang sudah berlogo SNI asli harga pasaraan cukup tinggi itu di karenakaan bahan yang berkualitas tinggi dan lolos uji yang ketat.



  • 3. Pilihlah Faktor Kenyamanan jangan Harga

Banyak orang indonesia memilih helm dari segi harga. “Yang penting ada agar tidak kena tilang polisi,”  itu adalah angapaan yang salah. Padahal, kepala anda adalah organ yang sangat penting.
Jadi pilihlah helm yang nyaman aman meskipun harganya sedikit mahal agak nguras kantong :D.
Saya tidak katakana mahal karena kepala lebih penting dari pada uang ,uang bisa di cari kalau kepala ? jawablah sendiri .


  1. 4.Pilih helm yang terdapat Ventilasi

saat kita ingin memilih helm usahakaan memilih yang ada ventilasi udara. Jangan malu saat mencoba meniup lobang ventilasi udara tersebut namun jika anda benar benar malu anda bisa bertanya kepada penjual
tersebut.jangan hanya mefokuskaan helm yang memiliki design atau corak yang bagus pada helm .


  • 5. Ukuran helm harus Pas

pilihlah helm yang sangat pas untuk kepala anda sehingga saat di pakai tidak goyang dan Jangan memilih helm yang sangat longgar dan jangan pula yang terlalu sempit untuk kepala anda.
pakailah helm sendiri dan di ukur sendiri kadang penjual toko memojokaan agar membeli helm itu padahal helmya sangat sempit .alasan si penjual ''lama lama pas sendiri'' dan jangan sampai terkecoh di karenakaan Setiap merek helm berbeda beda beda  ukuran . kita ambil contoh helm bermerek INK dengan KYT, belum tentu sama ukuran M-nya INK sama dengan ukuran KYT.sebab itulah mencobalah dengan memakainya, jangan hanya di lihat-lihat.

Jika anda memilih Helm  yang longgar ketika dipakai akan berbahaya buat kepala anda. Karena jika anda terjatuh kepala akan otomatis Anda terbentur dua kali. Pertama benturan pada bagian luar , setelah itu benturan dari bagian dalam(spons) helm itu sendiri. jadi kesimpulannya pilihlah helm yang sesuai ukuran kepala Anda.


  • 6. Full Face lebih aman dari pada Half Face

Jika anda berkendara dengan kecepataan tinggi terus anda harus memilih helm full-face apa itu hel fullface? nanti saya jelaskaan. Sudah pasti helm fullface lebih aman dari pada halfface karena helm fullface melindungi semua kepala anda.tetapi jika anda hidup dengan udara sagat panas anda lebih baik memilih halfface kerena lebih sejuk dan nyaman, namun itu semua pilihaan tetap kepada anda, tapi jika anda mengunakaa helm halfface anda harus batasaan kecapataan harus kecepataan normal.

 Jenis jenis Helm:


  •  1. Helm Cetok/Shorty Helmet

Kelebihan: Dapat melindungi bagian atas kepala kita walapun dengan tingkat perlindungan yang sangat rendah. Helm ini dibuat untuk memudahkan penglihatan dan pendengaran pegendara motor.

kelebihaan: Helm ini mudah dibawa dan dapat di simpan denga minim karena bentuknya yang kecil dan mngil. Harga helm ini cukup terjangkau karena helm ini sangat simple.
Kekurangan: Tidak adanya bagian yang menutupi wajah sehingga rawan terkena asap kendaraan orang lain dan suaranya karena ukuraanya di atas kepala. Helm ini tidak memberikan perlindungan yang belum baik terhadap kepala.
dengan perkembangan zaman helm ini sudah tidak di pakai di indonesia karena tidak ada logonya SNI atau tidak standart.

  • 2. Helm Half-Face

helm yang satu ini sangat banyak di gunakaan pada kalangan rakyat indonesia dari yang remaja sampai yang tua karena cukup simple dan depannya dapat di buka.

Kelebihan: Melindungi bagian atas kepala, samping kepala dan juga belakang kepala . Helm ini memberikan perlindungan yang lebih sedikit lebih bagus. Mudah dipakai dan dilepas.
Kekurangan: Tidak bisa memberikan perlindungan yang memadai bagi kepala, khususnya bagian muka, dagu, gigi, hidung, leher dan mata. Karena tidak dilengkapi dengan kaca pelindung pada bagian depannya, maka helm ini tidak bisa melindungi pemakainya dari hujan, debu, angin, serangga bahkan kerikil kecil yang beterbangan di jalan.

  • 3.  Modular Helmet

Kenapa helm ini saya tempatkaan ke tiga karena helm ini cukup aman dan taguh karena bisa melindungi hampir seluruh muka dan kepala dan tidak hanya itu helm ini memeliki
kelebihaan yaitu bagian depannya bisa di buka namun helm ini masih jarang orang yang mengunakaa sehingga cukup sulit jika anda akan membelinya.

Kelebihan: bisa melindungi bagian kepala, muka, leher, telinga dan mata .kita bisa membuka dan menutup sehingga pada saat kita ingin makan atau minum lebih mudah.
Kekurangan: Desainnya helm ini semi terbuka, maka kita tidak boleh lupa saat memakainya pada saat akan jalan putarlah kebawah. sehingga bisa perlidungi bagian depan yaitu muka, dagu, gigi dan hidung.

  • 4.Helm Full-face

Siapa yang tidak tau helm ini helm helm yang sangat banyak di gunakaan anak racing yang suka kecepataan ini adalah helm yang paling cocok karena helm ini juga di gunakaan di balapaan entah itu
di indonesia atau kelas dunia seperti motogp

Kelebihan: Helm fullface adalah helm yang menurut saya paling aman di karenakaan Helm ini mampu melindungi muka, kepala, leher, telinga.dan jika moto spot ini sangat cocok tidak hanya itu
Helm ini juga dapat melindungi muka pada saat berkendara saat terjadi hujan ,debu,krikil,hewan pada saat akan malam hari dll .
Helm fullface sangat aman saat terjadi kecelakaan,karena sudah banyak bukti motogp aja mengunakaan model ini.


  • 6.Pilihlah Helm dengan Kaca Normal

Kaca sangat penting karena adalah mata helm dan jika helm matanya aja tidak jelas maka akan berbahaya buat anda. jadi ,anda harus memilih helm dengan kaca normal bening bukan yang gelap atau pelangi .Namun, bila anda tertarik untuk membeli dengan kaca gelap, pastikan Anda mencobanya timbang apakah terlalau gelap.

dengan kata lain Kaca yang baik adalah kaca yang bisa melihat cukup bagus dalam kondisi apapun entah gelap atau tidak. Tetapi, sangat disarankan untuk memilih kaca helm yang bening. atau pilihlan kaca dengan double visor yaitu ada 2 dua kaca 1 yang netral 1 lagi yang rayban.lalu apa itu rayban yaitu kaca yang dapat menyerap cahaya.
katakunci:tips memilih helm,cara memilih helm yang baik,cara memilih helm yang pas ,baik ,tepat
memilih helm terbaru,


Baca : Harga Helm KYT

Baca : Bahaya Kampas Rem tidak secepatnya di ganti

» Thanks for reading cara memilih helm yang berkualitas dan tepat terbaru

1 Response to "cara memilih helm yang berkualitas dan tepat terbaru"