apakah CDI mempengaruhi kecepataan motor

CDI ? apakah itu CDI ? lalu apakah benar menganti cdi membuat motor menjadi kencang? apalagi menganti CDI racing untuk motor? kali ini akan membahasnya, CDI adalah Capasitor Discharge Motor dan fungsi cdi itu sendiri adalah untuk mengatur timing percikaan api dari busi ke runag bakar agar mesin hidup dengan bantuan pulser,aki,spul dan lain sebagainya.

Sistem pengapian sepeda motor  yaitu dengan menfaatkaan pembakaraan sehingga motor membutuhkaan api sehingga energi tersimpan di kapasitator yang nanti akan menghasilkaan
percikaan bunga api dari CDI lalu koil setelah itu busi .semakin besar percikaan bunga api maka semakin cepat pembakaraan dan percikaan api menembus kompresi .maka sudah di pastikaan jika CDI mempengaruhi tenaga motor ?


Cara kerja cdi :

berdasarkaan fungsi dan urain di atas maka pengapian pada sepeda motor sangat berpengaruh performa motor ,dan jika pengapian bagus maka di pastikaan pembakaraan sempurna dan panas di hasilkaan cepat dan maksimal.dan tingkat kepanasaan mesin berpengaruh pada sepeda motor karena memang dari awal pembuataan mesin sepeda motor adalah mengubah dari energi kimia menjadi energi panas lalu gerak sehingga panas yang maksimal akan mempercepat ledakaan di ruang bakar sehingga motor lebih bertenaga.

cara mengetahui besarnya CDI :

Dalam menghitung besarnya CDI kita mengunakaan rumus kapasitor : E=1/2 *c *v *v keterangan : C adalah kapasitor yang di guanakaan dalam satuan fared , V = tegangan yang tersimpan dalam kapasitor 1uf dan di simpan 250v maka hasil adalah 1/2 *1*400*400=80 mili Joule dan itulan kekuataan energinya dan setelah itu ke koil lalu di percikaan ke busi.

Dalam penguraiaan kita tadi sudah pastikaan CDI mempengaruhui tenaga,daya dan kecepataan pada sepeda motor di karenaan funsgi CDI sebagai timing dan besarnya kekuatan percikaan api dan semakin besar percikaan api
maka semakin besar juga tenaga dan cepatnya pembakaraan di ruang bakar.

Katakunci:
apakah CDI mempengaruhui kecepataan motor,cdi apa menambah daya motor,cdi racing membuat motor bertenaga,cdi racing menambah tenaga motor apakah benar,apakah benar menganti cdi membuat motor menjadi kencang,CDI adalah,fungsi cdi dari sepeda motor ,kegunaan cdi,Mempengaruhi torsi motor.

» Thanks for reading apakah CDI mempengaruhi kecepataan motor

1 Response to "apakah CDI mempengaruhi kecepataan motor"

  1. Guru mau tanya syh semnjak ganti cdi motor mio. Syh coba bli yg kw ko motor maju nyah berat ya dan besin pun jadi boros apa kah cdi kw seprti ituh guru trima kasih

    BalasHapus